SIDRAP.FRONTSULSEL.COM — Kepala BKPSDM Kabupaten Sidrap, Herfan Mappajeppu melaksanakan Seminar Rancangan Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat Il Angkatan V di Puslatbang KMP LAN-RI, Makassar, Senin (3/6/2024).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh PJ Sekda Kabupaten Sidenreng Rappang Muh.Yusuf DM, yang hadir selaku mentor.

Rancangan Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional  yang digagas Herfan, mengangkat judul “Asimilasi Kompetensi Kepegawaian”.

Dalam kesempatan tersebut, Herfan menyampaikan, bahwa asimilasi atau gagasan pembauran ini merupakan strategi pengembangan kompetensi yang diharapkan melahirkan kultur kerja baru.

Yang mana, kata dia dengan prinsip bekerja bersama, berpolakan saling asah dan saling mengisi pengetahuan, secara natural melahirkan asimilasi kompetensi aparatur di Kabupaten Sidenreng Rappang.

“Tentunya diharapkan bukan hanya asimilasi kompetensi melainkan juga asimilasi penganggaran, dengan konsep pembauran ini,” ujarnya.

Dikatakannya bahwa dengan hal tersebut tidak perlu terjadi duplikasi dukungan operasional di tiap bidang yang berbeda.

“Bahkan lebih jauh dari itu, kita bisa menghemat setidaknya Rp.2.772.000,- / PNS untuk pemenuhan wajib 20 JP ( J Pembelajaran) pengembangan kompetensi setiap tahun,” katanya.

Sementara itu Pj Sekda, Muh Yusuf DM mengungkapkan, dengan kolaborasi dan  pelibatan partisipasi inklusif dari seluruh stakeholders, kita bisa mewujudkan kultur kerja asimilasi ini secara maksimal.

Menurutnya, dukungan terhadap rancangan proyek perubahan ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi aparatur di Kabupaten Sidenreng Rappang.

Terpisah, Pj Bupati Sidrap, H Basra sangat mendukung inovasi dan gagasan dari BKPSDM Sidrap.

“Kami mendukung proyek perubahan ini dan akan dikuatkan dengan menerbitkan peraturan bupati,” ujarnya.

Disisi lain, kata H Basra pemda berkomitmen untuk mengikutkan pejabat Sidrap mengikuti pelatihan pengembangan kompetensi secara berkelanjutan.