Jakarta — Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Nasdem secara resmi menetapkan Rusdi Masse (RMS) sebagai calon gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal DPP Partai Nasdem, Hermawi Taslim, di NasDem Tower, Jakarta, pada Sabtu (16/3).

Hermawi Taslim menyatakan bahwa Partai Nasdem telah menyiapkan Rusdi Masse sebagai calon gubernur Sulawesi Selatan, dengan menunggu pembicaraan lebih lanjut dengan yang bersangkutan. Rusdi Masse adalah mantan Bupati Sidrap Sulsel dan saat ini menjabat sebagai anggota DPR dari Fraksi NasDem.

“Tahun pemilu ketiga bagi NasDem ini adalah tahun kader. Kami akan memprioritaskan kader-kader kami dalam penentuan calon kepala daerah, meskipun tetap memperhatikan hasil survei,” ujar Hermawi Taslim.

Rusdi Masse sendiri memperoleh dukungan yang signifikan dalam pemilu sebelumnya, terbukti dari perolehan suara tertinggi di Daerah Pemilihan (Dapil) III Sulsel, dengan 161.301 suara. Dapil III mencakup beberapa wilayah di Sulawesi Selatan, seperti Toraja Utara, Sidrap, Pinrang, hingga Kota Palopo.

Selain Rusdi Masse, NasDem juga tengah menyiapkan calon gubernur di Nusa Tenggara Timur (NTT). Hermawi Taslim menyebut beberapa nama potensial seperti Jacky Uli, Kristiana Muki, dan Julie Laiskodat, istri dari calon gubernur petahana Viktor Laiskodat. Meskipun belum dapat memastikan apakah Viktor Laiskodat akan kembali maju, NasDem tetap akan mengajukan calon dalam Pilgub NTT.

“Pilkada 2024 akan banyak mengusung para kader-kadernya sendiri di berbagai daerah, mengikuti peningkatan kursi DPRD di beberapa provinsi yang berhasil diraih NasDem pada pemilu sebelumnya,” tambah Hermawi Taslim.

Pemilihan kepala daerah pada tahun 2024 diharapkan akan menjadi momen penting bagi Partai Nasdem untuk mengukuhkan posisinya di tingkat lokal dengan mengusung kader-kadernya sebagai calon kepala daerah. (*)